Senin, 12 Maret 2012

cara mengetahui flashdisk yang tidak terdeteksi di laptop/pc

pagi blogger, kemarin saya mengalami hal-hal yang sangat menyusahkan. flashdisk saya tidka terbaca dinotebook saya, panik, kesel, gondok dan lain sebagainya saya rasakan saat itu. gila mau ngeprint tugas tapi falshdisk gak kebaca dinotebook itu rasa'nya waw banget. setelah searching-searching saya menemukan beberapa alasan kenapa flashdisk saya tidak terbaca. Flashdisk yang tidak terbaca biasanya ditandai dengan tidak munculnya warning “removable hardware” di taskbar (sebelah kanan bawah) tampilan monitor anda. Atau dengan kata lain pada system tray.  Kadang ada pula yang ikonnya telah muncul, tetapi ketika diklik muncul jendela baru yang memberikan pesan error, dan sebagainya.
yuk dicheck dibawah ini

1. coba deh blogger colokin FD di laptop atau PC lain, mungkin aja yang rusak itu bukan FD blogger tapi USB Drive yang ada di laptop ataupun PC blogger.

2. FlashDisk yang tidak terbaca bisa disebabkan terjadinya “Konflik system hardware“. Ada kalanya kerusakan karena konflik pada system komputer sehingga komputer tidak dapat mendeteksi keberadaan USB FlashDisk. Ini ditandai dengan FlashDisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer. Cara memperbaikinya adalah dengan colokkan USB FLashDisk ke komputer dan restartlah komputer.
Jika setelah restart komputer, USB FlashDisk masih tetap tidak terbaca, berikut ini adalah cara sederhana untuk mengatasinya :
Buka Control Panel dan uninstall usb driveCara Uninstall USB Drive pada komputer atau laptop adalah dengan cara buka My Computer -> Control Panel -> System. Setelah System terbuka, pada tab hardware, pilih device manager dan cari tulisan Universal Serial Bus Controller. Cari hardware yang bertanda kuning. Jika ada pilih hardware tersebut maka pilih tombol Uninstall lalu restart kembali komputer/laptop dengan windows xp atau windows 7 anda.

nah kalo misal'nya cara-cara diatas masih belum nemuin masalah dari FD kita, bisa jadi FD itu emang rusak hardware'nya. sebab dari hardware itu rusak yaitu sering'nya asal cabut tanpa eject.
dan jika saat kalian menyolokkan FD ke usb drive lalu muncul tulisan format flashdisk , maka formatlah FD blogger. tapi kalo pas udah di format kapasitas masih tetap sama coba deh diformat pakai software yang lain.

setelah baca-baca artikel akhirnya saya tuh nemuin alesan kenapa FD saya tidak terbaca, dan alasannya adalah virus pemirsaaaa. virus itu memang hal yang paling menyebalkan. akhirnya saya scan laptop saya lalu saya uninstall dulu usb drive saya. setelah semua itu saya lakuin akhirnya FD saya bisa terbaca lagi dinotebook saya. hahahaaa
ya begitulah kisah saya dan postingan saya pagi ini. smoga berguna bagi para blogger yang mengalami kejadian seperti saya ini.
sampe ketemu dipostingan selanjut'nya ya blogger. always improve your creativity guys :)

5 komentar :

  1. tanda kuning gmna??
    kok gw gk ada tanda kuningnya??

    BalasHapus
  2. itu diatas udah ada penjelasannya. buka dari control panel dan liat petunjuk selanjutny yang sudah saya tulis. tanda kuning itu biasanya ada dikiri tanda usb .

    BalasHapus
  3. NIce GAn jangan lupa juga masuk ke Blog aku yaa , biar Gan bisa kasi masukan buat aku,

    www.adeyoga-mesianto.blogspot.com


    BIar ga jadul kali blog aku .

    BalasHapus
  4. udah dicobain dengan menguninstall tanda kuning d device manager trus d restart,, tp ga ngaruh apa2 :( FD saya ke detect d PC lain,tp knp ga kedetect di PC yg skrng saya pakai?? apa saya harus masuk ke BOOT (blue screen)??

    BalasHapus
  5. ijin kasih masukan sob, coba pake program doktor buat flasdisk..bisa download disini...
    http://hot-iceindonesia.blogspot.com/2013/07/solusi-dan-cara-memperbaiki-flashdisk.html

    BalasHapus

komentarnya yang berguna ya , jangan merusak !