Rabu, 26 Oktober 2011

MANFAAT DAN ETIKA DARI SISTEM INFORMASI

Sistem informasi sangat erat kaitannya dengan perkembangan dunia. Penggunaan komputer di pasar internasional saat ini sudah tidak terbatas. Masyarakat dunia adalah masyarakat berbasis komputer yang selalu menggunakan komputer baik dalam memecahkan permasalahan lokal, maupun dalam mengolah sumber daya. Bahkan tidak jarang anak – anak sampai dewasa menghabiskan waktunya untuk memanfaatkan perkembangan informasi, contohnya Facebook dan Twitter.

Karena Globalisasi, perusahaan – perusahaan nasional bertransformasi menjadi perusahaan multinasional(MNC) untuk dapat menguasai dan mempengaruhi pasar. Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, Perusahaan multinasional (multinational corporation – MNC) raksasa telah berhasil membangun sistem informasi global (global information systems – GIS). Semakin banyak sistem informasi yang berkembang di dunia, maka semakin banyak pula penyimpangan – penyimpangan yang terjadi, untuk itu masyarakat perlu memahami etika dalam sistem informasi serta manfaat-manfaatnya agar tidak terjadi penyalahgunaan sistem informasi.
  • model perusahaan multi nasional
Perusahaan multinasional (multinational corporation – MNC) adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar, bangsa, dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut tersebar secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijakan dan prosedur sendiri. Dengan bentuk tersebut, MNC mungkin merupakan bentuk organisasi paling rumit yang keberadaannya saat ini meluas.
  • startegi bisnis global
>> Strategi Multinasional 
     Strategi yang memberikan kebebasan lepada anak perusahaan untuk memenuhi dan mengembangakan produk, serta praktik mereka sendiri. Dengan ini sistim informasi memudahkan  desentralisasi pengambilan keputusan.

>> Strategi global
     Pengendalian berada di perusahaan induk dan produk – produk dipasarkan secara sentral.

>> Strategi Internasional
     Merupakan perpaduan sentralisasi strategi global dan desentralisasi strategi multinasional 

>> Strategi Trasnasional 
     Perusahaan induk dan anak bekerja sama untuk memformulasikan strategi untuk mencapai efisiensi dan integrasi global, serta fleksibilitas di tingkat lokal. Tanggung jawab utama berada pada pengelola database. 
  • strategi GIS 
GIS adalah suatu system yang terdiri dari jaringan – jaringan yang menembus batas – batas Negara. Strategi Transnasional bagi penerapan GIS, antara lain: 
  1. menghubungkan GIS dengan strategi bisnis
  2. menentukan sumber daya informasi
  3. menyediakan pembagian data

  • pengertian moral, etika dan hukum
Dalam kehidupan sehari-hari, kita diarahkan oleh banyak pengaruh. Sebagai warga negara yang memiliki tanggung jawab sosial, kita ingin melakukan hal yang secara moral benar, berlaku etis dan mematuhi hukum.

>> Moral
adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku yang benar dan yang salah. kita mulai belajar perilaku moral sejak kecil : "perlakukan orang lain sebagaimana layaknya kita ingin diperlakukan" walaupun orang-orang disekeliling kita  tidak semuanya mengikuti seperangkat moral yang sama, tetapi tetap terdapat kesamaan diantara semuanya.

>> Etika
sekumpulan kepercayaan, standar, atau teladan yang mengarahkan, yang merasuk kedalam seseorang atau masyarakat. semuanya individu yang bertanggung jawab terhadap komunitas mereka atas perilaku mereka.
Tidak seperti moral, etika bisa jadi amat bervariasi dari suatu komunitas dengan yang lain. keberagaman dibidang komputer ini terlihat dalam bentuk "peranti lunak bajakan (pirated software)"
peranti lunak yang diduplikasikan secara ilegal dan kemudian digunakan atau dijual.


>> Hukum
peraturan perilaku formal yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang, seperti pemerintahan, terhadap subyek atau warga negaranya. selama sekitar 10 tahun pertama penggunaan komputer di bidang bisnis dan pemerintahan, tidak terdapat hukum yang berkaitan dengan penggunaan komputer. hal ini dikarenakan pada saat itu komputer merupakan inovasi baru, dan sistem hukum membutuhkan waktu untuk mengejarnya.
  • perlunya budaya etika
Opini yang dipegang secara luas didunia bisnis adalah bahwa bisnis merefleksikan kepribadian dari pemimpinnya. sebagai contoh, pengaruh James Cash Penney pada JCPenney  Colonel John Patterson di National Cash Register (NCR), atau Thomas J. Watson,Sr di IBM menentukan kepribadian perusahaan-perusahaan tersebut. Di masa kini CEO perusahaan seperti FedEx, Southwest Airlines, dan Microsoft memiliki pengaruh yang amat penting pada organisasinya sehingga masyarakat cenderung memandang perusahaan tersebut seperti CEO-nya.
keterkaitan antara CEO dengan perusahaannya merupakan dasar untuk budaya etika. Jika perusahaan dituntut untuk berlaku etis, maka manajemen tingkat tinggi harus bersikap etis dalam segala sesuatu yang dilakukan dan dikatakannya. Manajemen tingkat atas harus memimpin melalui contoh. Perilaku ini disebut dengan budaya etika(ethics culture).
Perlunya budaya etika dalam sistem informasi karena fenomena kejahatan transnasional yang berkembang pesat.

>> Etika Sistem Informasi meliputi :
  1. Privasi
  2. pencurian
  3. keakuratan informasi
  4. kepemilikan informasi
>> Cyber Crime atau kejahatan dunia Cyber
     Yaitu upaya memasuki dan atau menggunakan fasilitas komputer atau jaringan komputer tanpa izan dan dengan melawan hukum, dengan atau tanpa menyebabkan perubahan dan atau kerusakan pada fasilitas yang dimasuki atau digunakan tersebut.

  • hak sosial dan komputer strategi GIS
Masyarakat tidak hanya mengharapkan pemerintah dan dunia usaha untuk menggunakan komputer secara etis, namun juga menuntut beberapa hak yang berhubungan dengan komputer. klasifikasi hak-hak manusia dalam wilayah komputer yang paling banyak dipublikasikan adalah PAPA rancangan Richard O. Mason
diciptakannya akronim PAPA untuk mempresentasikan empat hak dasar masyarakat sehubungan dengan informasi seperti hak-hak sebagai berikut :
  1. hak privasi (privacy)
  2. hak untuk mendapatkan keakuratan (accuracy)
  3. hak kepemilikan (property)
  4. hak mendapatkan akses (accessibility) 
referensi :http://hutapeamanik.blogspot.com/2010/10/manfaat-dan-etika-dari-sistem-informasi.html
http://azlan-share4u.blogspot.com/2008/12/hello-world.html/
management information system edisi 10 , karangan Raymond McLeod,Jr. dan George P. Schell

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

komentarnya yang berguna ya , jangan merusak !